Beranda > Mite, Legenda, Dongeng > SULTAN LAHMUDIN…..Dongeng UNPATTY

SULTAN LAHMUDIN…..Dongeng UNPATTY

SULTAN LAHMUDIN

Ada seorang anak bemama Lahmudin. Dia adalah anak yang sangat berprestasi sehinggaa ia ingin melanjutkan sekolahnya di Baghdad. Tetapi ia kekurangan biaya. Ia pulang dan menyampaikan pada orang tuanya, tetapi merreka tidak mempunyai uang dan mereka berkata kepadanya ” Lebih baik kamu menjual kami saja”. Setelah memikirkan perkataan orang tuanya Lahmudin pergi ke tempat sultan dan menjadikan mereka budak. Kemudian menukarkan dengan seekor kuda dan sepasang pakaian kesultanan. Setelah ditukarkan ia pergi ke Mesir. Dalam perjalanan dia sangat lapar dan menemukan seekor kijang yang sudah mati. Tapi bagi orang Islam memakan hewan yang sudah mati dilarang. Lalu ia memotong kijang itu dan ternyata dalam perut kijang ada anak kijang yang hidup. Diapun memakan kijang tersebut dan menerusan perjalanan untuk mencari tempat tinggal. Suatu ketika ia melihat suatu tempat yang banyak kepala dipenggal. Dia bertanya tentang hal tersebut dan mereka rnenjelaskan bahwa itu karena bersoal jawab antara putri dan pengawalnya. Ia pun mencoba bersoal jawab dengan putri tanpa rasa takut. Satu malam Lahmudin memberi minum arak /sopi pada putri sambil bercerita. Ia bertanya ” ada satu binatang,mati kembali hidup, hidup kembali mati.” Sesuai dengan kisahnya. Lalu ia pulang dan mengikuti putri dengan memegang tangan kiri putri dan gelang putri dilepaskan oleh Lahmudin.

Keesokan harinya ia bertanya ” tadi malam ada seekor burung perkiki terbang ke rumah saya dan meninggalkan gelangnya”. Lalu dia mengatakan itu gelangnya putri. Mereka kembali bertanya ” mana buktinya?”. Kemudian ia mengambilkan gelangnya. Dari sinilah dia menikah dengan putri dan menebus orangtuanya yang telah menjadi budak.

Terjemahan dalam Bahasa Rutah:

Ana irome nalain Lahmudin. Analome kikia iri lonjut nae iskolalo. Kurang ayana mampuh naebiaya. Ireu le epa’re wa’awe umaera o. ayama kepen’nya le’e sirepa palaheriema’nya. I piker naeumaerao ayanasimampu le’e iya seuma’a le irepa umao sultan. Sipokon tanei siuma. Sipokon nae um ipansie inumaerao sipoko tanei seumairao. Iyoi ituka inan ruae aman’me I talan’no iwae lahi kesultanan. Le’e iyoi nama tanah Mesir. Iyoi le’e I amaka. Le’e isupu mayang inan’no tapi ema’a nya. Tapi hukum Islam I repa binatang ema’ame ayano bisa ma’anelo. Le’e I sihi ro. Tapi sekijang e hun nome anaromono tapi emahai. Le’e I tihin nyanara leiyanelo. Le’e iyai I hehi rumalo nainuru. Le’e iyo-yoi isupu uruo repu se o’o nome I purie uma’a o si ime. Le’e sirepa wa’a wen pertandingan putri rua’e pengawal. lri nusu we nalain nae Tanya jawab rua’e putri tapi iri ayan auw. Homolo’e ka’e Lahmudin I carita rua’e putri ipe’e putri in’nu arak’o. ipu ree putri “wasupu binatang kaime ema’a tapi ehari mahai tapi ehari ema’a horu. Le’e putri iyoiheri’en tapi Lahmudin iswi putri muriin lelahmudin ikakae putri riman aupapalo rua’e I hoi galang herie putri riaman.

Hepe uro Lqhmudin ipurie ” henapou manu porkiki esihu mae uru ma’lo le e e sihu horu tapi ekehee ni galang leino. Le’e Lahmudin irepa galang ine’ne putri ngolo sirepa ” bukti o we? “. In tanda ne he. Le’e I ri ha putri le’e ireu naman aman’o le’e iseri aman ruaae inan si utang o.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: